RSS

Selasa, 20 Maret 2012

Cara Merawat Buku Agar Tetap Awet



Bagi Anda yang gemar mengoleksi beragam jenis buku-buku, mulai majalah,novel, komik, dan koran di rumah, pernah tidak pas suatu ketika Anda buka-buka kembali koleksi buku Anda, ternyata sebagian sudah rusak. Bau apek, lembab, atau bahkan sebagian sudah jadi santapan rayap?

Hmm… dijamin Anda pasti bakalan bete berat saat melihat buku-buku yang sudah dikoleksi dengan susah payah tiba-tiba rusak begitu saja gara-gara kurang terawat.

Nah, ada beberapa tips nih agar buku-buku koleksi kita bisa tetap awet. Simak tips berikut:

Jangan menaruh buku sembarangan, apalagi di tempat yang lembab (seperti di atas lantai tanpa alas). Karena buku tersebut akan mudah berjamur, bau apek dan cepat rusak.

Jika menaruh buku di rak atau lemari, usahakan lemari tersebut jangan terlalu rapat, tapi mesti ada sedikit celah-celah yang berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya udara.

Beri sampul plastik buku, fungsinya agar sampul buku tetap bersih jika terkena noda atau cairan. Selain itu juga dapat melingdungi sampul buku jika tergores.

Taburkan kapur barus di sela-sela buku. Fungsinya buat mengusir ngengat, kecoa, rayap, serta munculnya bau tak sedap.

Posisi buku sebaiknya berdiri berjajar ke samping, sebab kalau posisinya ditumpuk maka buku-buku tersebut akan kekurangan udara dan itu berarti akan menyebabkan buku jadi gampang lembab.

Jika buku kita terkena tetesan air, sebaiknya keringkan di tempat yang sejuk. Jangan dipanaskan di terik matahari karena akan mengakibatkan kertas jadi bergelombang setelah kering.

Usahakan setiap satu atau dua bulan sekali untuk membongkar dan menata ulang kembali buku-buku koleksi kita.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright FiaSHiNe^.^ 2009. Powered by Blogger.Wordpress Theme by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul Dudeja.